Tren Perkembangan Karir Yang Potensial Saat Ini

Tren Perkembangan Karir Yang Potensial Saat Ini

Impozitstrainatate –┬áPerubahan waktu terjadi begitu cepat, sehingga perlu dilakukan penyesuaian di berbagai aspek, terutama dalam balapan. Dari sudut pandang profesional, IPK dan gelar sarjana bukan lagi yang utama. Bahkan, banyak perusahaan yang mulai meninggalkan kedua hal tersebut.

Mereka lebih fokus mencari kandidat yang memiliki keahlian tertentu di suatu bidang sesuai kebutuhan bisnis. Masalahnya adalah permintaan kandidat akan keterampilan juga berubah seiring waktu. Untuk saat ini, sebagian besar kandidat yang dicari oleh pemberi kerja adalah orang-orang dengan keterampilan digital.

1. Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan

Dikatakan bahwa kecerdasan buatan (AI) dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pembelajaran mesin akan diminati pada tahun 2022. Sebut saja sebagai insinyur perangkat lunak (software engineer), arsitek AI (arsitek kecerdasan buatan), insinyur pembelajaran mesin, dll.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh WeForum pada tahun 2020, diperkirakan pada tahun 2025 sekitar 85 juta pekerjaan akan digantikan oleh otomatisasi atau robot. Jutaan pekerjaan baru lainnya juga bisa mulai bermunculan, tetapi pembagian kerja akan lebih dekat antara manusia dan mesin, serta algoritma.

Artinya, para akademisi dan pencari kerja harus bersaing dengan robot atau kecerdasan buatan tersebut. Oleh karena itu diharapkan generasi sekarang dapat lebih fokus pada peningkatan keterampilan di bidang ilmu komputer dan pemrograman. Pasalnya, untuk menjadi kandidat yang jauh lebih kompetitif dan mampu bersaing di dunia kerja, khususnya pada 2022.

2. Data Science atau Ilmu Data

Seharusnya, dalam lima tahun ke depan, karir di bidang data science atau ilmu data juga akan menjadi tren. Memang, generasi data global diperkirakan akan mencapai lebih dari 180 zettabytes pada tahun 2025.

Belum lagi perusahaan data-berat saat ini, yang telah tumbuh menjadi jutaan. Data ini berasal dari pelanggan, karyawan, dan pengguna dari berbagai belahan dunia.

Tentu saja, perusahaan akan mengandalkan data scientist untuk berbagai keperluan. Dari memecahkan kode, menciptakan merek produk, mengembangkan strategi pemasaran hingga meningkatkan pengalaman pelanggan. Memiliki keterampilan dalam analisis statistik akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan dan membangun karir di masa depan.

3. Cybersecurity

Cybersecurity atau dikenal juga dengan sebutan keamanan siber juga dikatakan sebagai karir yang akan banyak diminati pada tahun 2022. Apalagi jika melihat jumlah penyalahgunaan data oleh pengguna internet dan media sosial saat ini yang cukup mengkhawatirkan.

Setidaknya kasus kebocoran informasi dan pelanggaran data pribadi telah merenggut nyawa hingga 533 juta pengguna Facebook yang tersebar di berbagai negara. Sementara di jejaring sosial lain seperti LinkedIn misalnya, data pribadi pengguna bahkan sudah dipasarkan di situs ilegal.

Tanpa paliatif, hingga Juni 2021 data pengguna LinkedIn yang masuk ke pasar gelap dan diperdagangkan mencapai 700 juta dan masih bisa terus bertambah. Tidak heran jika banyak bisnis mulai menyadari betapa pentingnya keamanan siber untuk melindungi jaringan dan data pengguna mereka.

Hal inilah yang memicu munculnya tren karir di bidang ini. Bagi Anda yang memiliki kemampuan dan minat di dunia cybersecurity, ini bisa menjadi jalur karir yang cocok.

4. Sales dan Marketing Digital

Pada tahun 2022, perusahaan masih membutuhkan posisi trade marketing. Karena tanpa mereka, perusahaan akan kesulitan memasarkan produknya ke calon pelanggan. Hanya saja seseorang yang berkecimpung di bidang ini perlu segera mengikuti dengan beralih ke sistem digital.

Profesi ini sendiri merupakan salah satu keterampilan abadi yang memegang peranan sangat penting di berbagai sektor. Sebuah studi Forrester memperkirakan bahwa sekitar 70% orang dengan karir penjualan akan secara signifikan lebih aktif dalam mengadopsi berbagai strategi digital.

Selain itu, perlu juga meningkatkan keterampilan penunjang penjualan dan pemasaran lainnya, seperti menulis. Mengapa demikian? Oleh karena itu, kemampuan menulis dalam kegiatan promosi merupakan hal yang penting untuk meningkatkan pemahaman terhadap produk.

Mengingat perkembangan transaksi penjualan baik melalui e-commerce maupun jejaring sosial saat ini cukup pesat. Tentunya hal ini juga memperhitungkan perubahan gaya hidup konsumen yang kini memilih untuk beralih ke belanja online.

Referensi:

Blitarkota

gaji apoteker kimia farma